2020-06-17

LPPM IPB dan BPTP Banten Sepakat Jalin Kerjasama Penelitian

BPTP BANTEN
...

Meski pandemi masih berlangsung, namun upaya untuk berinovasi harus terus berlanjut untuk kemajuan pembangunan pertanian Indonesia.

BPTP Banten sebagai lembaga pengkajian pertanian di Provinsi Banten terbuka untuk melakukan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka mencapai tujuan yang digariskan dalam kerjasama litbang.

Kegiatan Kerja sama litbang pada dasarnya bertujuan untuk : 1) mempercepat pematangan teknologi seperti uji verifikasi, uji multilokasi, uji adaptasi, uji kelayakan, dll; 2) mempercepat diseminasi dan adopsi teknologi; 3) mempercepat pencapaian tujuan pembangunan pertanian; 4) Meningkatkan capacity building Unit Kerja/Unit Pelaksana Teknis (UK/UPT) lingkup Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, 5) Mendapatkan umpan balik untuk penyempurnaan teknologi, dan 6) Menciptakan alternatif sumber pembiayaan litbang.

Kerjasama Litbang terbagi ke dalam kategori Kerjasama Luar Negeri dan Kerjasama Dalam Negeri. Khusus jenis Kerjasama Dalam Negeri dapat berupa: 1) Kerja sama dengan Instansi Pemerintah/Pemda (Provinsi, Kabupaten, Kota); 2) Kerja sama dengan Swasta Nasional/LSM; 3) Kerja sama dengan Perguruan Tinggi/Lembaga Penelitian Lain (RISTEK, BATAN, LIPI); dan 4) Kerja sama internal

Salah satu Perguruan Tinggi yang menjalin kerjasama dengan BPTP Banten tahun ini adalah IPB melalui LPPM IPB yang akan melakukan penelitian terkait penyusunan Penilaian Indeks Kualitas Tanah dan kaitannya dengan produksi tanaman pangan di Provinsi Banten.

Dalam rangka persiapan kerjasama, telah dilakukan serangkaian pertemuan untuk mematangkan perencanaan kegiatan. Sejumlah peneliti dan penyuluh BPTP Banten terlibat dalam kerjasama ini yang dikoordinir oleh Ketua Kelji Budidaya, Dr. Pepi Nur Susilawati, SP, M.Si.

Kerjasama penelitian ini akan difokuskan pada komoditas padi, jagung, dan kacang tanah yang akan dilaksanakan selama satu musim tanam. Selain itu, di dalam pelaksanaan penelitian juga akan dilakukan survei persepsi petani, penyuluh dan stakeholder lainnya terhadap Penilaian Indeks Kualitas Tanah. Tujuan akhir penelitian ini adalah untuk membuat rancangan sistem Penilaian Kualitas Tanah yang aplikatif dan mudah dipahami oleh petani serta pengguna lainnya.

Sub Sektor : Lain-Lain
Komoditas : Lain-Lain
Teknologi yang Digunakan :
http://banten.litbang.pertanian.go.id/new/index.php/berita/2177-lppm-ipb-dan-bptp-banten-sepakat-jalin-kerjasama-penelitian