2020-09-16

Light Trap, Alat Perangkap Hama yang Multi Manfaat

BPTP BANTEN
...

Light Trap, Alat Perangkap Hama yang Multi Manfaat

Hai #SobaTani, jumpa lagi dengan seputaran informasi teknologi dari BPTP Banten. Kali ini informasi yang akan disampaikan adalah manfaat dari light trap atau lampu perangkap hama.

Model lampu perangkap yang dikembangkan oleh Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) ini biasa digunakan di lahan sawah untuk perangkap hama di pertanaman padi.

Tahukah #SobaTani apa saja manfaat dari lampu perangkap ini?

Ternyata manfaat dari lampu perangkap ini tidak semata-mata untuk memerangkap serangga hama yang aktif di malam hari saja, akan tetapi terdapat manfaat lainnya. Apa saja itu? yuk kita simak bersama...

Lampu perangkap banyak digunakan untuk membantu monitoring atau pengamatan serangga hama di lahan. Dengan lampu perangkap ini dengan mudah kita dapat mengetahui keberadaan hama yang sudah menghampiri pertanaman kita.

Konfirmasi keberadaan hama pada tanaman penting dilakukan ketika terdapat serangga hama pada hasil tangkapan dalam jumlah yang cukup banyak.

Setelah diperoleh hasil konfirmasi dari pengamatan langsung di pertanaman, maka dapat diberikan rekomendasi teknik pengendalian yang tepat. Apabila hasil konfirmasi di pertanaman jumlah populasi hama telah melebihi ambang pengendalian, maka penggunaan pestisida kimia harus segera dilakukan.

Selain serangga hama, ternyata serangga lainnya yang aktif pada malam hari dan tertarik dengan cahaya turut tertangkap seperti halnya dengan beberapa jenis serangga yang berperan sebagai musuh alami hama. Sepintas lalu sepertinya merugikan, akan tetapi kita akan memperoleh informasi penting lainnya yaitu keberadaan musuh alami di lahan kita. Informasi dinamika populasi hama dan musuh alami turut menentukan keputusan tindakan pengendalian yang tepat.

Manfaat lampu perangkap lainnya adalah untuk menentukan waktu semai atau tanam yang tepat. Rerekomendasi yang disampaikan oleh BBPadi adalah waktu semai padi atau tanam adalah 14 hari setelah puncak populasi hama dari hasil tangkapan light trap. Strategi penentuan waktu tanam ini adalah untuk menghindarkan tanaman (escape) dari serangan hama, diharapkan ketika populasi hama tinggi di lapangan, tanaman sudah melewati fase rentan terhadap serangan hama tersebut.
Teknisi Litkayasa BPTP Banten, Ahmad Makmur telah mencoba mengembangkan prototype model lampu perangkap dari BBPadi. Bagian yang dikembangkan adalah rangka light trap yang bisa dibongkar pasang dan dapat dilipat dengan teknik baut tidak di-las. Hal ini akan memudahkan untuk mobilisasi light trap di lapangan.

Ke depan, lampu yang digunakan bisa dimodifikasi dengan solarcell untuk lokasi penempatan lampu perangkap yang jauh dari sumber listrik.

Tips yang perlu diperhatikan oleh #SobaTani adalah penempatan lampu perangkap sebaiknya tidak berada tepat di pertanaman tetapi ada ruang terbuka yang tidak ada tanamannya. Hal ini untuk mengurangi resiko kerusakan tanaman yang berada di sekitar lampu perangkap. (Sri K)

#BPTPBanten

Sub Sektor : Padi
Komoditas : Tanaman Pangan
Teknologi yang Digunakan : ALAT PERANGKAP HAMA
https://www.facebook.com/bptpbanten/posts/1449291878593706?__tn__=K-R